Pages

Selasa, 07 Mei 2013

Memilih laptop / notebook yang tepat

Mungkin beberapa dari anda sering mencari acuan “product guide” dari keluarga, sahabat, kolega ataupun seseorang yang baru anda kenal dalam hal update teknologi komputer. Terutama saat anda memutuskan untuk membeli sebuah notebook baru. Sebenarnya bukan hal yang rumit untuk menentukan seperti apa notebook terbaik yang akan anda jadikan teman anda berkerja. Tulisan berikut mungkin dapat banyak membantu karena anda cukup perhatikan 3 hal simpel berikut ini,

1. RAM 4GB = Wajib
Pastikan anda instal minimal 4GB
Pastikan anda instal minimal 4GB
Mengapa? Sistem PC dengan basis 32-bit perlahan namun pasti sedikit demi sedikit sudah mulai di tinggalkan. Perhatikan notebook-notebook baru yang datang dengan windows original saat ini. Rata-rata Windows nya sudah berbasis 64-bit. Sistem PC 64-bit membuat kinerja sistem jauh meningkat walau mensyaratkan spesifikasi sistem yang lebih tinggi, dalam hal ini RAM. Bagi anda yang belum tahu, sistem PC 32-bit hanya akan membaca RAM maksimal 3,2GB, walaupun anda pasang total 16GB. Dengan RAM 4GB saja, menjalankan sistem 64-bit sudah pasti jauh lebih maksimal dibanding 8GB pada sistem 32-bit.

2. SSD, Mahal tapi . . . 
Jangan selalu terpaku harga, jaminan performa melesat adalah pasti.
Jangan selalu terpaku harga, jaminan performa melesat adalah pasti.
Saat ini, notebook-notebook baru minimal dibekali HDD 500GB. Pertanyaannya, berapa persentase yang terisi dari 500GB tersebut. Dari banyaknya pengguna yang datang ke kami, kebanyakan HDD mereka terisi tak sampai 100GB. Hal yang bisa dibilang mubazir. Untuk itu, akan lebih bijak jika anda “consider” pada kecepatan dan efisiensi daya dari pada perhitungan kapasitas. SSD memang masih barang mahal. Kapasitas 120GB saja masih berada dikisaran 1,2 juta. Bandingkan dengan HDD konvensional berkapasitas 500GB yang bisa anda tebus tak sampai setengah seharga SSD 120GB tadi. Namun performa baca tulis yang meningkat 100% lebih, panas dan noise yang amat rendah dan yang terpenting konsumsi daya yang jauh lebih hemat adalah hal yang pasti anda dapatkan dengan pengaplikasian SSD.

3. Coba Dulu
Minimalisasikan penyesalan di kemudian hari.
Minimalisasikan penyesalan di kemudian hari.
Poin ini kami angkat bukan karena di Pemmz memang menyediakan opsi ini. Namun kembali pada hal paling alami manusia yakni selalu ingin yang terbaik. Lalu bagaimana anda tahu notebook itu pas untuk anda jika anda tidak mencobanya terlebih dahulu. Yang namanya penyesalan memang adanya selalu dibelakang. Untuk itu, seharusnya poin ini dikedepankan bagi setiap toko komputer demi kepuasan pelanggan. Karena tidak semua dari anda punya tolak ukur pengetahuan mengenai IT yang sama. Bagi mereka gadget mania, menentukan notebook terasa lebih mudah. Namun bagi anda yang belum terlalu familiar tentang teknologi, sekali lagi sebaiknya Coba dulu sebelum membeli.

Bagaimana dengan processor dan lainnya?
Kecuali anda seorang Desain grafis yang sering melakukan editing video beresolusi tinggi atau gamer kelas berat yang “concern” pada kualitas grafis pada game, tipe-tipe processor terbaru saat ini sudah memiliki kapabilitas yang bisa dibilang luar biasa. Untuk mengakomodasi pekerjaan harian, sudah lebih dari cukup.

4.WARRANTY – Jaminan Garansi


Suatu produk atau pekerjaan jasa juga memerlukan jaminan purna jual berupa jaminan garansi, garansi yang diperoleh harus jelas tentang apa saja yang dicover, untuk kondisi bagaimana dan sepanjang apa masa garansinya, biasanya teknisi akan memberitahukan bagian2 tertentu yang mengalami kerusakan, walaupun tidak harus detail, tapi bagian modul utama seperti Mainboard, VGA, LCD, keyboard, RAM, Processor, harus jelas diketahui untuk mengerti cakupan daripada garansi tersebut,

tentunya syarat dan ketentuan garansi dan cakupannya masing2 menurut kebijakan penyedia produk atau jasa

Quote:Calon pelanggan sepatutnya tidak lupa untuk menanyakan seluk beluk garansi secara detail, dan ada baiknya dinyatakan tidak dalam bentuk verbal saja, melainkan tertulis lengkap di bon pembayaran jasa, jangan menghilangkan bon pembayaran anda jika belum lewat garansi 


 Merk?
Seperti biasa, tipikal pengguna di belahan dunia manapun termasuk Indonesia masih kuat terhadap loyalitas brand/merk. Namun sebagai informasi, saat ini kualitas merk-merk yang beredar sudah tak lagi jauh berbeda dibanding dahulu saat sebuah merk bertahan pada image “Kualiatas”. Persaingan harga menuntut para produsen terus menerus berfikir bagaimana caranya survive. Ketika tak mungkin lagi memangkas margin, mengaplikasikan produksi masal yang murah meriah adalah cara terbaik. Bahkan Fujitsu sudah ikut bermain di pasar Low-end dibawah 5 juta yang dulu tak pernah terjadi.

Lalu, apalagi biasanya yang anda “noted” saat akan membeli notebook? Sudah terjawab semua bukan?

Sumber
http://pemmz.wordpress.com/tag/memilih-notebook/
http://www.kaskus.co.id/search/forum?f=&q=memilih+notebook&searchchoice=forum

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger