Pages

Selasa, 07 Mei 2013

Mengevaluasi Sebuah Website Berdasarkan Situs Rank



Perkembangan Web sudah sangat umum di dunia Internet. Web dimanfaatkan hampir oleh semua kalangan dan untuk menunjang seluruh aktifitas mereka. Tidak terkecuali Universitas Gunadarma yang memiliki banyak sekali situs web yang mendukung acara perkuliahan.
Berikut adalah perbandingan dari dua situs Universitas Gunadarma berdasarkan salah satu situs pemeringkatan.

Untuk mengevaluasi sebuah website kita bisa menggunakan sebuah parameter sebagai acuan dalam penilaian kita. Ada banyak sekali parameter yang dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah website. Namun secara umum ada beberapa parameter yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website seperti :

Accesibility
Yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam aspek aksesnya. Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA ?.

Readibility
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca ?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”.

Speed
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Semakin cepat situs itu dalam melakukan loading time pastinya akan semakin baik. 

Content
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.

Technology
Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun.

Konsep dasar penentuan Pagerank adalah jumlah Link yang menuju ke sebuah website, baik berupa Internal Link maupun External Link. Makin banyak backlink yang menuju ke sebuah halaman Website menunjukkan makin pentingnya Halaman tersebut. Pagerank bukan hanya ditentukan oleh Kuantitas backlink, tetapi juga ditentukan oleh Kualitas suatu Backlink.

Kuantitas backlink adalah Jumlah backlink yang menuju ke sebuah halaman website sedangkan Kualitas backlink adalah Pagerank dari sebuah website yang memiliki backlink ke halaman website anda. Ada beberapa cara untuk mengetahuinya, salah satunya menggunakan cekpagerank.info. Parameter yang digunakan website ini untuk menentukan kualitas suatu halaman web antara lain popularity, backlink, indexed, dan listed in DMOZ.



Sebagai contoh untuk mengevaluasi sebuah web kita dapat menggunakan checkpagerank.net. Kalau menurut saya checkpagerank.net sangat bagus dalam mengevaluasi atau bahkan membandingkan sebuah website karena checkpagerank.net menggunakan parameter yang lengkap dan jelas. Sebagai contoh saya akan membandingkan dua buah website yaitu
http://indopedia.gunadarma.ac.id/
dan
http://archive.is/wartawarga.gunadarma.ac.id
menggunakan checkpagerank.net.


4icu.org

4 Internal Colleges & Universities atau yang kita kenal dengan sebutan 4ICU adalah sebuah website mesin
pencari Pendidikan Tinggi tingkat Internasional, Tidak hanya itu juga, website ini adalah website
pemeringkat kepopuleran Seluruh Perguruan Tinggi yang ada di seluruh dunia. Website ini bertujuan
untuk menganalisis kepopuleran dari 11.000 website dari 200 negara, lalu kemudian memeringkatkannya.


Cara kerja dari website ini adalah : Universitas dan Perguruan Tinggi diperingkatkan dengan
menggunakan “4icu.org University Web Ranking”, Pemeringkatan ini sudah dipublikasian sejak bulan Mei 2005,


Parameter yang digunakan oleh 4ICU sebagai dasar patokan untuk memeringkatkan website-website Perguruan

Tinggi diambil dari :

* Google PageRank,
* Majestic Seo Referring Domains
* Alexa Traffic Rank.


      Data web metris dikumpulkan pada hari yang sama, hal ini bertujuan untuk meminimalkan fluktuasi sementara dan memaksimalkan komparibilitas. Setelah itu, digunakanlah sebuah filter pra-komputasi untuk mendeteksi
saringan dalam data mentah. Penyelidikan Lebih Lanjut dan Penelaahan data pada Traffic Rank Alexa dilakukan untuk mengadopsi subdomain sebagai homepage resmi masing-masing kelembagaan perguruan Tinggi yang
bersangkutan.






Sumber
http://daviddenovan.wordpress.com/2012/06/20/penjelasan-mengenai-4icu/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger