Pages

Selasa, 26 Maret 2013

Pengalaman Pertama Kali Dalam Dunia Internet



Pengalaman pertama saya menggunakan internet pada saya masih duduk di sekolah dasar. Saat itu tahun 90an sebuah komputer merupakan sebuah barang mewah, dan belum banyak orang yang membutuhkan sebuah komputer. Sewaktu saya kecil sangat suka sekali menonton acara televisi kartun, dan sangat suka mengumpulkan gambar2 tokoh dalam kartun tersebut.


Disaat musim libur sekolah, saya bermain kerumah tante saya. Dia bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan swasta. Saat itu saya sedang melihat tante sibuk didepan sebuah komputer. Saya penasaran ingin lebih mengenal komputer dengan memperhatikannya. Suatu saat saya bertanya “Tante, sedang apa.? ”. di jawab tante, “sedang mencari materi untuk pertemuan di kantor”. Karena hobi saya dengan toko kartun, saya iseng bertanya. “di komputer bisa cari toko dragon All Gk tante?”

 Pada saat itu tante mulai memperkenalkan saya pada teknologi yang ada dikomputer, yaitu dengan mempelajari cara menggunankan internet. Akhirnya saya di bantu tante untuk mencari gambar toko kartun favorit dengan  mengiakan internet. Pada saat itu tante memberi tahu cara membuka website Google. Google merupakan website untuk mencari data dan pengetahuan apapun yang terdapat di seluruh dunia, termasuk informasi toko kartun.

Pertamakali saya sedikit bingung pada saat menuliskan nama website tersebut, Tante saya mulai menjelaskan dimana saya mengetik nama websitenya, setelah terbuka saya dijelaskan bahwa google memiliki beberapa pilihan yaitu data yang tertulis ataupun data dalam bentuk gambar, karena yang diperlukan adalah data yang tertulis jadi saya mengklik tulisan “web” pada tampilan home web tersebut dan mulai menuliskan nama biodata pahlawan yang ingin saya cari. Waktu itu koneksi internet masih dibilang lambat, tapi itu tidak melepaskan kekaguman saya saat pertamakali menggunakan internet.

Akhirnya terbukalah kumpulan gambar pada home web tersebut mengenai toko kartu yang ingin saya cari, begitu banyak pilihan yang bisa saya simpan, dan saya diberi tahu cara membuat folder sebagai tempat untuk mengumpulkan koleksi gambar saya. Saat itu saya tidak mengerti cara menyalin data pada halaman web tersebut, lalu tante saya mengajarkan bagaimana cara menyalin data yang saya inginkan, yaitu dengan cara memblok kalimatnya dan mengklik kanan pada mouse, disitu kita memilih kata yg bertulisan “Save as /copy” dan memindahkanya ke lembar paint dengan cara yang sama saat ingin menyalin gambar di home web, namun kita memilih kata bertulisan “paste” untuk memindahkannya.

Dari saat itu saya sangat tertarik dalam menggunakan internet. Apalagi saat saya diperkenalkan Game Online oleh teman saya. Mulai itu juga saya mulai tahu mengenai akun sosial pada jaringan internet seperti Friendster dan Yahoo messenger. Dalam Memperggunaan akun sosial tersebut saya harus membuat e-mail. Pada saat ingin membuat e-mail saya mencoba mencari tahu di web Google, karena tente memberi tahu saya, kalau google itu bisa mencari apapun yang dibutuhkan termasuk cara pembuatan e-mail yang benar. Pada saat itu, saya mulai mengerti mengapa internet sangat dibutuhkan dalam mengakses sesuatu dan yang terpenting bisa menambah wawasan yang positif pada diri kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger