Pages

Selasa, 07 Mei 2013

Info yg mau tau tentang batre laptop

Ane mau sharing pengalaman pribadi ane seputar penggunaan batere laptop/notebook/netbook nih Gan.

Kontroversinya gini nih gan:
1. Ada yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power dengan keadaan batere terpasang bisa memperpendek usia batere. Jadi sebaiknya batere dicopot kalo pake AC power.
Sekarang produsen laptop telah memakai controlling battery, jadi saat battery full akan stop charging..

Kalo battery dicopot, sama aja dengan PC (tanpa backup power/battery). Saran, selalu pergunakan adaptor asli & battery pada saat menggunakan laptop.

2. Ada juga yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power tanpa batere terpasang bisa merusak komponen2 elektronik laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari yang seharusnya diterima laptop. Jadi sebaiknya batere tetep dipasang kalo pake AC power.
Adaptor memliki range tegangan input di 100-240V, walaupun listrik kita dangdutan, toh keluaran outputnya tetap stabil, terkecuali jika menggunakan adaptor yang tidak original.. Yak.. sebaiknya battery ikut terpasang agar memiliki back up power jika si penguasa listrik itu padam

Dari kedua pendapat tersebut sebenernya ga ada yang bener atau yang salah Gan! Yang ada salah satunya (batere atau komponen daleman laptop)yang dikorbankan...


Kok bisa? Nih Gan pengalaman ane... Ane punya laptop yang sehari2nya ane geber abis2an buat online, ngegame, dll. Dalam penggunaanya ane make AC power dengan kondisi batere dicopot dengan tujuan supaya usia pemakaian batere jadi awet... Suatu hari laptop ane matot alias mati total Gan... Karena masalah tersebut, akhirnya ane bawa laptop ane ke service center resminya Gan... Setelah diperiksa ternyata motherboarnya yang kena Gan, buat benerinnya harus ganti motherboard yang harganya 2,5 jutaan Gan! Trus ane ngobrol2 tuh Gan sama teknisinya... Belum sempet ane tanya kenapa kok laptop ane bisa kaya gitu, teknisinya malah tanya duluan kaya gini "Mas, kalo make laptop pake AC power trus baterenya dicopot ya?" Ane jawab "Iya mas, kok tau?"

Trus tu teknisi ngasih penjelasan yeng pada intinya kaya gini Gan: 1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot memang bisa mamperpanjang usia batere.
batterynya masuk museum aja gan biar awet

2. Batere laptop berfungsi sebagai stabilisator karena di dalamnya terdapat penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit) untuk mempertahankan tingkat keamanan tegangan dan arus listrik.
Salah.. di battery hanya ada controlling battery, meliputi log, charging & discharging threshold, temp. coeficien, dll saya lupa Sedangkan voltage regulator ada di motherboard yang dinamakan DC/DC Converter.. DC/DC Converter inilah sebagai distribution power DC yang akan dicatu ke peripheral laptop, seperti Processor, RAM, HDD, Chipset, USB, DVD, dll.. dengan variasi tegangan 1,5V, 3,3V, 5V, & 12 volt.. sedangkan input tegangan dari 16V output dari adaptor.. (setiap laptop berbeda tegangan output adaptornya)

DC/DC converter ini sering disebut IC power oleh tekhnisi, dan letaknya bukan di battery namun di motherboard..

Jadi, kalaulah voltage converternya ada di battery, jika battery dicabut, laptop ga bisa nyala dong.. kan converter DC nya di battery..:

3. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen2 tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan. Siapa bilang? Memang lebih baik battery jangan dicopot.. Tapi kalau dilihat dari segi power.. apa bedanya laptop dengan PC? Milyaran PC didunia ini nyala dengan AC doang tanpa battery..


Mengenai arus yang berlebihan, sudah saya jelaskan diatas, range tegangan adaptor cukup lebar 100 s.d 240V dengan keluaran DC tetap stabil jika listrik naik turun..

Untuk saran, selalu pergunakan battery & adaptor asli.. jika ingin menggunakan adaptor saja tanpa battery, usahakan pergunakan grounding.. karena semua alat elektronik sangat2 butuh grounding.. akibat apa? saya tidak menyalahkan listrik yah.. karena saya check tegangan antara neutral-grounding bisa mencapai 7 Volt, inilah penyebab itu.. jika menggunakan grounding, seluruh tegangan semu itu akan dibuang ke tanah..

4. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen daleman laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).
Sama dengan point 3...

Trus si teknisi tadi ngasih saran gini Gan: Kalo pake make AC power mendingan baterenya tetep dipasang. Mending baterenya yang rusak, kalo ganti yang orisinil paling harganya 700 - 800ribuan. Daripada motherboard yang rusak biayanya bisa mahal banget, kalo sampe harus ganti bisa jutaan...
iyak.. battery harus tetap terpakai, dan selalu tetap pergunakan adaptor asli, dan selalu colokin adaptor (AC mode) jika menggunakan laptop, apabila mati listrik (battery mode) cepat2 shutdown agar battery awet.. Karena sesering mungkin menggunakan battery mode, berefek bertambahnya cycle count battery, semakin bertambah maka semakin cepat soak battery.. 

Sumber


http://pemmz.wordpress.com/2013/01/05/mitos-fakta-dan-tips-seputar-battery-notebook/
http://www.kaskus.co.id/search/forum?q=battery&sort=score&order=desc

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger