Pages

Minggu, 05 April 2015

Mengenal Teori Komputasi Dan Implementasi Berbagai Bidang



Komputasi

Apa itu komputasi ? 

Komputasi dapat diartikan sebagai proses perhitungan atau pemecahan masalah menggunakan algoritma komputer. Asal muasal lahirnya proses komputasi berasal dari kegiatan hitung menghitung yang dilakukan manusia sejak berabad-abad silam. Manusia mulai mengenal angka dan cara menghitung, misalnya menghitung barang hasil barter, sistem kalender dan rasi bintang. Alat-alat yang digunakan pada masa itu juga masih sangat sederhana seperti pena, kertas dan batu.
Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.
Saat ini penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah sudah merasuk ke segala bidang. Hal ini karena komputasi dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. Seiring dengan hal tersebut, semakin dituntut proses komputasi yang semakin cepat. Untuk meningkatkan kecepatan proses komputasi, dapat ditempuh dua cara : peningkatan kecepatan perangkat keras dan peningkatan kecepatan perangkat lunak.

Teori Komputasi ?

Teori komputasi adalah merupakan cabang ilmu Komputer yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan Algoritma untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). pada perkembangannya sekarang initeori komputasi juga digunakan untuk menemukan prinsip - prinsip baru dalam berbagai bidang.
Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu sains.
ilmuwan komputer bekerja dengan abstraksi matematika dari komputer yang dinamakan model komputasi. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.
Implementasi Komputasi ?
Komputasi banyak digunakan pada semua bidang salah satunya adalah komputasi sains. Komputasi sains merupakan salah satu cabang ilmu komputasi. Secara umum komputasi sains mengkaji aspek-aspek komputasi untuk aplikasi / memecahkan masalah di bidang sains lain, seperti fisika, kimia, biologi, dll.

FISIKA
Komputasi dalam bidang ilmu fisika digunakan umtuk memecahkan masalah-masalah penelitian yang sangat kompleks dan numerikal, salah satunya adalah pengolahan data, pemodelan dan simulasi sistem fisis. Komputasi pada ilmu fisika sangat membantu mencari solusi persamaan, differensial, dan analisis untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada.
KIMIA
Pada ilmu kimia, komputasi digunakan untuk mengetahui dan menghitung sifat-sifat molekul yang di simulasikan terhadap suatu sistem yang dihasilkan melalui program komputer dan diterapkan pada sistem kimia nyata, untuk menghitung besaran reaksi katalis pada senyawa kimia yang direaksikan.
MATEMATIKA
Sama halnya dengan ilmu fisika dan kimia, komputasi pada ilmu matematika digunakan untuk mencari suatu solusi dari suatu sistem yang ingin di teliti contohnya adalah model sistem rotasi bumi. Dengan model matematika yang didapatkan dari komputasi maka para peneliti dengan mudah dapat mensimulasikan sistem tersebut kedalam model. 
EKONOMI
Mempelajari titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi. Area yang tercakup antara lain agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macroeconomic systems, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.  
GEOLOGI
Cabang ilmu geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi secara menyeluruh. Komputasi pada ilmu ini adalah menganalisa dan mengukur struktur bumi pada waktu yang ditentukan.
GEOGRAFI
Ilmu yang mempelajari kondisi bumi seperti atmosfer dan lain lain. Komputasi pada ilmu ini digunakan untuk mengukur tingkat curah hujan dan kelembapan di suatu daerah.  
Biologi
Salah satu Implementasinya merupakan sebuah aplikasi dari teknologi informasi dan ilmukomputer terhadap bidang biologi molekuler. contohnya adalah n-system yang mampumendeteksi retina maupun struktur wajah orang yang terekam kamera cctv.
 Mobile Computing
Merupakan sebuah paradigma baru dalam kemajuan teknologi yang dapatmelakukan komunikasi dengan jaringan nirkabel sehingga user mampu melakukan perpindahan.
Grid Computing
secara singkat, komputasi grid atau grid computing adalah penggunaan sumber daya komputer secara bersama-sama dimana komputer tersebut terpisah secara geografis. Komputasi grid ini biasanya digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan berskala besar.

Cloud Computing

Merupakan kumpulan dari beberapa resources yang terintegrasi menjadi satu dan digunakan melalui internet. sebenarnya, cloud computing ini didasarkan pada teknologi grid computing yang membuat skalabilitas suatu sistem komputasi menjadi sangat besar dengan cara menggabungkan beberapa sumber daya komputer menjadi satu resource.





Sumber :      http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_komputasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
                   informatika.stei.itb.ac.id/.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger