Pengertian Konvergensi Media
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence.
Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu
dalam suatu titik (Arismunandar, 2006: 1) . Konvergensi akan mudah dibayangkan
jika menggunakannya dalam ilmu fisika khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari
datang dari berbagai sudut yang kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop
(kaca pembesar) pada satu titik. Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut
adalah peritiwa konvergensi.
Sehingga, konvergensi media berarti penggabungan atau
pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam
satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya
dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK). Kata konvergensi
ini umum dipakai dalam perkembangan teknologi digital, integrasi teks, angka,
gambar, video, dan suara.
Manfaat konvergensi media
Manfaat konevergensi media tentu saja memudahkan khalayak
dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak mebutuhkan
biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa membuat pihak media
sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang sudah ada sebelumnya.
Regulasi Konvergensi
Regulasi tetap diperlukan untuk mengawal nilai-nilai
kemanusiaan dalam hubungan antarmanusia itu sendiri. Beberapa isu menarik layak
direnungkan dalam konteks penyusunan regulasi. Pertama adalah bagaimana pengambil
kebijakan mendefinisikan batasan sektor-sektor yang akan dikenai kebijakan,
misalnya saja soal hukum yang dapat dijalankan. Kedua bagaimana situasi pasar
dan hak cipta diterjemahkan. Wilayah ini menyangkut soal self regulation dan
kondisi standarisasi hak cipta. Ketiga, bagaimana soal akses pada jaringan
media serta kondisi sistem akses itu sendiri. Persoalan seperti pengaturan
decoder TV digital maupun content media menjadi layak kaji dalam hal ini.
Keempat, akses pada spektrum frekuensi, kelima mengenai standar jangkauan atau
sejauh mana media konvergen dapat dijangkau oleh khalayak serta apakah sebuah
akses harus disertai dengan harga yang harus dibayar oleh khalayak. Dan
terakhir menyangkut sejauh mana kepentingan khalayak diakomodasi oleh regulasi,
misalnya sejauh mana freedom of speech dan kalangan minoritas benar-benar
mendapat perlindungan dalam sebuah kebijakan.
Pengertian VPN
VPN adalah suatu jaringan privat (biasanya untuk instansi
atau kelompok tertentu) di dalam jaringan internet (publik), dimana jaringan
privat ini seolah-olah sedang mengakses jaringan lokalnya tapi menggunakan
jaringan public.
VPN adalah sebuah koneksi Virtual yang bersifat private
mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara
fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut private karena jaringan
ini merupakan jaringan yang sifatnya private yang tidak semua orang bisa
mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan public atau internet namun
sifatnya private, karena bersifat private maka tidak semua orang bisa
terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Oleh karena itu diperlukan
keamanan data.
Sedangkan untuk mendapatkan koneksi bersifat private, data
yang dikirimkan harus dienkripsi terlebih dahulu untuk menjaga kerahasiaannya
sehingga paket yang tertangkap ketika melewati jaringan publik tidak terbaca
karena harus melewati proses dekripsi. Proses enkapsulasi data sering disebut
“tunneling”.
Kegunaan VPN adalah Anda dapat mengakses server tertentu
melalui VPN dimana saja, entah itu dirumah atau dijalan secara aman meskipun
anda menggunakan infrastruktur jaringan internet dalam penggunaannya. Menurut
pandangan user, koneksi VPN merupakan koneksi point to point antara user
computer dengan server korporasi dan data terkirim di atas jaringan
“dedicated,” padahal tidak demikian kenyataannya.
Defenisi Konvergensi Media dan Jaringan :
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian
media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan.
Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan kimunikasi digital yang
dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisientelepon,
video dalam satu jaringan. Penggunaan
beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan
fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Konsep Jejaring Sosial
Sejarah dan definisi:
Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis
pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list
pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung
dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan
halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto
pengguna.
Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini adalah
:
1. Facebook ( http://www.facebook.com )
2. Twitter (www.twitter.com )
3. Kaskus ( http://www.kaskus.com )
4. Friendster ( http://www.friendster.com )
5. Kill Hannah Kollective (
http://www.killhannahkollective.org )
6. Yahoo Messenger ( http://www.messenger.yahoo.com )
7. Yahoo Koprol ( http://www.koprol.com )
8. Plurk ( http://www.plurk.com )
9. My Space ( http://www.myspace.com )
10. Flickr ( http://www.flickr.com )
Dan masih banyak lagi lainnya.
Dan masih banyak lagi lainnya.
Di Indonesia situs – situs jejaring sosial sangat cepat
berkembang karena kemajuan teknologi dan internet berkembang begitu cepat juga.
Jejaring social menjadi gaya hidup dan bahkan telah menjadi kebutuhan sehari –
hari. Bahkan ada yang menganggap jika tidak mempunyai akun jejaring sosial akan
dianggap ketinggalan jaman.
Dampak Positif dan Negatif:
Banyak keuntungan yang bisa di dapat dari jejaring sosial.
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan
mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih
murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs
jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat. Bertemu
dengan teman – teman lama. Bahkan untuk mencari uang, seperti menjual barang
melalui bisnis online, iklan produk dan jasa, serta mempromosikan sesuatu.
Jejaring sosial juga membantu para fans artis, musik
olahraga dan lainnya untuk selalu update tentang kegiatan idola mereka, atau
membuat suatu komunitas – komunitas sosial yang dapat mempertemukan banyak
orang dimanapun berada dan saling bertukar informasi.
Jejaring sosial juga bisa untuk menunjukan bakat – bakat
kita melalui video – video, foto, rekaman suara atau tulisan yang kita unggah
ke profil kita yang dapat di lihat banyak orang.
Jejaring sosial juga dapat untuk menarik simpati dan empati
banyak orang seperti yang di lakukan para politisi dalam berkampanye atau untuk
masalah social seperti “Koin Untuk Prita”.
Tetapi setiap ada keuntungan pasti ada kerugiannya.
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara
tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk
menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak,
kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak
mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini
secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang
berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
Dampak jejaring sosial bagi anak di bawah umur lebih
mengkawatirkan. Banyaknya anak-anak yang tertarik dengan jejaring sosial
mengarahkan mereka kepada para pemangsa sex dalam dunia maya itu (cybersex
criminal). Mereka (cybersex criminal) mengetahui/mendapatkan informasi mengenai
keberadaan korban (anak-anak) berdasarkan informasi yang mereka pasang dalam situs
jejaring sosial. Beberapa dari para cybersex criminal tanpa ragu untuk
menanyakan langsung keinginannya agar dapat bertemu langsung dalam dunia nyata
dan cybersex criminal tersebut juga tidak segan-segan menanyakan status
kewanitaan korban.
Podcasting
Istilah "podcasting" pertama kali muncul dalam
sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar The Guardian pada
Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan
teknologi baru ini. "Podcast" merupakan lakuran kata "pod"
— "playable on demand" (dimainkan atas permintaan), yang kelak
digunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merek (portable media player)
iPod — dan "broadcasting" (penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan,
karena siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain;
isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang dapat memainkan berkas
media. Penggunaan istilah "podcast" mendahului adanya dukungan asal
(native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple
iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah "iPod",
beberapa orang memakai istilah "netcast" sebagai pengganti
"podcast", seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo Laporte.
Singkatan balik (backronym) telah diusulkan supaya "podcast" dapat
diuraikan sebagai "personal on demand broadcast" (penyiaran atas
permintaan pribadi),
Manfaat Podcasting:
Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima
jika Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi:
- Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih
mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast yang tersedia.
Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian pula, mesin
pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.
- Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan
bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online
Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah
ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda
sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.
- Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah
menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan
pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat
kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu
ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam perdagangan opsi.
- Menyediakan retensi memori yang lebih baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika
digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk
rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari
hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa
Anda dapatkan dari Podcasting.
- Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3
portabel. Orang akan dapat mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan
saja. Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.
- Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas
Jika podcast Anda berisi konten yang besar, mereka akan
mengarahkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada
penjualan Anda dan garis bawah. Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan
harus selalu menyediakan nilai nyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting,
Anda juga dapat berkomunikasi dengan audiens target Anda.
Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di
web. Ia menawarkan jangkauan menguntungkan untuk jutaan pendengar yang
pelanggan potensial. Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute
emas untuk memilih, dan tidak harus dibiarkan keluar sebagai salah satu
pemasaran dan alat komunikasi.
Konsep RSS
RSS adalah suatu teknologi dalam dunia web yang dibangun
untuk mempermudah kita untuk membaca ataupun berlangganan konten (isi/artikel)
dari suatu situs/web/blog. RSS merupakan versi sederhana dari halaman web yang
berisikan hanya konten artikel saja, tanpa adanya fitur-fitur lain seperti
widget, iklan, CSS, ataupun javascript.
- Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
- RDF Site Summary ( 0.9 dan 1.0 )
- Rich Text Summary ( 0.91 )
Manfaat:
RSS biasanya digunakan secara luas di website yang
menyediakan konten yang dinamis dan terupdate secara berkala, seperti halnya
blog, portal berita, dan lain-lain.
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk
menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan
artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. RSS digunakan pada hampir semua
situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press
release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan
pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
Manfaat yang diperoleh dengan adanya RSS adalah pembaca
sangat dimudahkan dalam mengetahui update terbaru suatu website tanpa perlu
mengunjungi alamat website tersebut, karena pembaca hanya butuh untuk
berlangganan pengumpan (feed) dari website tersebut.
Beberapa website atau blog hanya menyediakan umpan RSS
berupa beberapa baris kalimat atau ringkasannya saja, namun ada juga yang
menyediakan umpan berupa artikel penuh, tergantung tujuan dari masing-masing
pengelola website tersebut.
Televisi Protokol Internet (IPTV)
Definisi IPTV
Internet televisi Protocol (IPTV) adalah sistem-melalui mana
Internet Disampaikan TV layanan menggunakan arsitektur jaringan dan Metode
suite protokol Internet melalui paket-switched Jaringan Infrastruktur,
misalnya, Internet dan jaringan internet broadband akses, BUKAN dari Menjadi
Disampaikan Melalui siaran tradisional frekuensi radio, sinyal satelit, dan
televisi kabel (CATV) format.
IPTV layanan Mei Jadilah Berbintang Ke tiga kelompok utama:
TV, waktu bergeser pemrograman, dan video on demand (VOD). Hal ini
Distinguished dari layanan internet berbasis web atau multimedia berbasis umum
dengan proses Standardisasi on-akan-nya (misalnya, Institut Standar
Telekomunikasi Eropa) dan skenario penyebaran Preferential dalam jaringan Telekomunikasi
berbasis pelanggan dengan saluran akses berkecepatan tinggi pengguna akhir
bangunan Ke melalui kotak set-top atau lain-lokasi pelanggan tetap.
Secara historis, banyak definisi yang berbeda-beda IPTV
Apakah Muncul, Termasuk dasar stream melalui jaringan IP, transportasi sungai
melalui jaringan IP dan sejumlah sistem berpemilik.
Definisi resmi disetujui oleh kelompok Telekomunikasi fokus
pada IPTV International Union (ITU-T FG IPTV) adalah sebagai BERIKUT:
"IPTV didefinisikan sebagai layanan multimedia
diantaranya televisi / video / audio / text / grafik / data yang disampaikan
melalui jaringan berbasis IP. System ini mampu memberikan tingkat kualitas
pelayanan dan pengalaman, keamanan, interaktivitas dan keandalan yang
dibutuhkan."
Definisi Lain yang resmi dan lebih rinci IPTV datang dari
Alians Telecomunication Industry Solution (ATIS), IPTV eksplorasi Group pada
tahun 2005:
"IPTV didefinisikan sebagai pengiriman aman dan dapat
diandalkan untuk pelanggan dari hiburan video dan layanan terkait. Layanan
tersebut meliputi Mei, misalnya, Live TV, Video On Demand (VOD) dan Interactive
TV (iTV). Layanan ini di mengakses Disampaikan agnostik, packet switched
protokol jaringan mempekerjakan Itu IP untuk mengangkut audio, video dan sinyal
kontrol. Berbeda dengan video melalui Internet publik, dengan penyebaran IPTV,
keamanan jaringan dan kinerja yang ketat berhasil Memastikan pengalaman hiburan
unggul, Hasil dalam lingkungan bisnis yang menarik bagi penyedia konten,
pengiklan dan sama Pelanggan. "
Salah satu definisi untuk konsumen IPTV ini untuk
transportasi program satu atau beberapa sungai (MPTS) yang bersumber oleh
operator jaringan yang sama memiliki atau langsung kontrol itu mil yang
"terakhir" ke lokasi konsumen. Ini kontrol atas Memungkinkan
pengiriman Dijamin kualitas pelayanan (QoS), Dan Juga Memungkinkan penyedia
layanan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang ditingkatkan sebagai panduan
program yang lebih baik seperti itu, layanan interaktif dll
Di lingkungan komersial IPTV banyak digunakan untuk
distribusi TV, saluran playout video dan Video on Demand (VOD) materi di LAN
atau WAN IP jaringan infrastruktur, dengan QoS dikontrol.
IPTV vs Internet:
IPTV
- Closed system, kualitas layanan terjamin(managed QoS).
- Video konten dikirim hanya kepadapelanggan (known subscriber) Pengiriman melalui IP packets sampaidengan pelanggan (end customer).
- Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service provider.
- Sesuai dengan jangkauan jaringan yang dimilikinya.
- Umumnya menggunakan IP-STB digitaluntuk mengakses dan pengkodeanlayanan konten.Menggunakan PC, software yangdigunakan tergantung formatkonten.
- Biaya
- Video konten dibuat oleh perusahaan profesional, jumlahnya terbatas.
Internet TV
- Open system, kontrol kualitas layanan tidak dijamin (BestEffort QoS).
- Video konten dikirim kepada siapapun Pengiriman melalui IP packets sampai internet cloud sendiri.
- Dikirim dan diterima melalui public internet yang melibatkanbanyak pihak.
- Tidak ada batasan wilayah, dimanapun ada akses internet.
- Umumnya menggunakan PC, software yang digunakan tergantung format konten.
- Gratis
- Video konten bisa dibuat siapapun, jumlah kontennya tidak terbatas.
http://deqadeqo.blogspot.com/2011/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html
http://linked4fun.blogspot.com/2011/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html
http://ysechagoes.com/48/pengertian-ip-vpn-internet-protocol-virtual-private-network
http://rendtladyrose.blogspot.com/2011/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html
http://anes73.blogspot.com/
http://forum.vivanews.com/iptek/13826-pengaruh-situs-jejaring-sosial-facebook-twitter-terhadap-para-pengg.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Siniar
http://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=wi
http://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=wi
0 komentar:
Posting Komentar